Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Mata

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Mata. Wortel sering dianggap sebagai makanan kesehatan utama. Generasi orang tua memberi tahu anak-anak mereka: “Makan wortel Anda, mereka baik untuk Anda,” atau “Wortel akan membantu Anda melihat dalam kegelapan.”
Orang mungkin pertama kali mengolah wortel ribuan tahun yang lalu, di daerah yang sekarang dikenal sebagai Afghanistan.

Manfaat Wortel
Manfaat Wortel

Menurut informasi terbaru tentang akar kecil, bercabang ungu atau kuning dengan rasa pahit, kayu, sangat berbeda dari wortel yang kita kenal sekarang. Wortel ungu, merah, kuning, dan putih ditanam jauh sebelum penampilan wortel jeruk yang manis, renyah, dan aromatik yang sekarang populer. Jenis ini dikembangkan dan distabilkan oleh petani Belanda pada abad ke 16 dan 17. Fitur ini adalah bagian dari kumpulan artikel tentang Manfaat Wortel untuk kesehatan dari makanan populer.

Cari tahu lebih lanjut tentang nutrisi dalam wortel, manfaat kesehatannya, tips untuk makan lebih banyak wortel, dan tindakan pencegahan apa pun. Fakta cepat tentang wortel: Berikut ini beberapa poin penting tentang wortel. Lebih detail ada di artikel utama. Wortel pertama kali ditanam di Asia, dan tidak berwarna oranye. Wortel mengandung antioksidan , yang dapat melindungi terhadap kanker .

Apa saja manfaat wortel untuk kesehatan?

Meskipun mereka mungkin tidak membantu Anda melihat dalam gelap, vitamin A dalam wortel membantu mencegah kehilangan penglihatan. Wortel tersedia sepanjang tahun dan dapat digunakan dalam hidangan gurih, kue, dan jus. Manfaat Wortel mengandung vitamin A Wortel mengandung vitamin A, antioksidan, dan nutrisi lainnya.

Bukti menunjukkan bahwa makan lebih banyak buah dan sayuran yang kaya antioksidan, seperti wortel, dapat membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit kardiovaskular. Wortel juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Berikut ini beberapa cara agar wortel sehat.

Kanker
Berbagai karotenoid diet telah terbukti memiliki efek anti kanker, karena kekuatan antioksidannya dalam mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Penelitian telah menemukan hubungan yang mungkin antara diet kaya karotenoid dan risiko kanker prostat yang lebih rendah , tetapi lebih banyak bukti diperlukan untuk mengkonfirmasi apakah hubungan tersebut kausal.

Kanker paru-paru
Wortel mengandung beta-karoten . Studi sebelumnya menyimpulkan bahwa suplementasi beta-karoten dapat mengurangi risiko kanker paru-paru . Sebuah meta-analisis yang diterbitkan pada 2008 menemukan bahwa orang dengan asupan tinggi berbagai karotenoid memiliki risiko 21 persen lebih rendah terkena kanker paru-paru, setelah disesuaikan untuk merokok, dibandingkan dengan mereka yang tidak. Pola yang sama tidak berlaku untuk setiap karotenoid individu, seperti beta-karotenoid. Di antara perokok, suplemen beta-karoten dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Kanker kolorektal
Mengkonsumsi lebih banyak beta-karoten dapat mengurangi resiko dari kanker usus besar , menurut para peneliti yang mempelajari 893 orang di Jepang.

Leukemia
Sebuah studi 2011 menemukan bahwa ekstrak jus wortel dapat membunuh sel-sel leukemia dan menghambat perkembangannya.

Penglihatan
Bisakah wortel membantu Anda melihat dalam gelap? Di satu sisi, ya. Wortel mengandung vitamin A. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan xerophthalmia, penyakit mata progresif yang dapat merusak penglihatan normal dan mengakibatkan kebutaan malam hari, atau ketidakmampuan untuk melihat dalam cahaya rendah atau kegelapan. Menurut National Institutes of Health (NIH), kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab utama kebutaan pada anak-anak.

Apa saja manfaat wortel bagi kesehatan mata?

Kekurangan vitamin A jarang terjadi di Amerika Serikat (AS), tetapi makan wortel berkontribusi terhadap asupan vitamin A dan membantu mencegah kekurangan. Jadi, sedikit banyak, wortel memang membantu Anda melihat dalam gelap. Namun, kebanyakan orang tidak mungkin mengalami perubahan positif yang signifikan dalam penglihatan mereka dari makan wortel, kecuali mereka sudah kekurangan vitamin A.

Kontrol diabetes
Antioksidan dan fitokimia dalam wortel dapat membantu mengatur gula darah. Sekitar seperempat dari karbohidrat pada wortel adalah gula, tetapi jumlah karbohidrat dalam wortel relatif kecil. Menurut Harvard Health, indeks glikemik wortel adalah 39 , artinya dampak pada gula darah cukup rendah.

Tekanan darah
Setengah cangkir wortel cincang mengandung 1,8 gram (g) serat dan 205 miligram (mg) kalium . Sebelum usia 50 tahun , pria membutuhkan 38 g serat sehari, dan wanita membutuhkan 25 g. Setelah usia ini, wanita membutuhkan 21 g per hari, dan pria membutuhkan 30 g. Otoritas kesehatan menyarankan orang untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 mg natrium sehari. Asupan potassium yang disarankan adalah 4.700 mg.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan kaya serat dan meningkatkan kalium sambil mengurangi asupan natrium untuk melindungi dari tekanan darah tinggi dan penyakit jantung . Wortel menawarkan keseimbangan nutrisi yang baik.

Fungsi kekebalan tubuh
Wortel mengandung vitamin C, antioksidan. Ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Vitamin C dapat membantu mengurangi keparahan pilek, dan lamanya waktu berlangsung.

Nutrisi
Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), satu cangkir wortel cincang, mengandung 128 gram wortel, menyediakan :

  • 52 kalori
  • 12,26 gram (g) karbohidrat
  • 3 g gula
  • 1,19 g protein
  • 0,31 g lemak
  • 3,6 g serat
  • 1069 mikrogram (mcg) vitamin A
  • 7,6 vitamin C
  • 42 mg kalsium
  • 0,38 mg zat besi
  • 15 mg magnesium
  • 45 mg fosfor
  • 410 mg kalium
  • 88 mg natrium
  • 0,31 mg seng
  • 24 mcg folat
  • 16,9 mcg vitamin K

Satu cangkir wortel cincang menyediakan lebih dari 100 persen dari rata-rata tunjangan harian pria atau wanita dewasa yang direkomendasikan wanita (RDA) vitamin A. Wortel juga mengandung berbagai vitamin B. Antioksidan dan warna wortel Beta-karoten antioksidan memberikan wortel warna oranye cerah. Beta-karoten diserap di usus dan diubah menjadi vitamin A selama pencernaan.

Apa manfaat wortel?

Pasar petani dan beberapa toko khusus menawarkan wortel dalam berbagai warna, seperti ungu, kuning, dan merah. Ini mengandung berbagai antioksidan yang memberi mereka warna mereka. Misalnya, wortel ungu mengandung antosianin, dan wortel merah kaya akan likopen. Wortel dalam makanan. Ada dua musim dalam setahun untuk wortel, dan wortel lokal tersedia di musim semi dan musim gugur. Namun, mereka dapat ditemukan di supermarket sepanjang tahun.

Mereka dapat dibeli segar, beku, kalengan, atau asinan. Wortel paling baik disimpan di lemari es dalam kantong plastik tertutup. Jika sayuran masih menempel di bagian atas wortel, lepaskan sebelum disimpan untuk mencegah sayuran mengeluarkan uap air dan nutrisi dari akar. Wortel harus dikupas dan dicuci sebelum dikonsumsi. Mereka adalah sayuran yang serbaguna. Mereka dapat dimakan mentah, dikukus, direbus, dipanggang, dan sebagai bahan dalam banyak sup dan semur.

Gunakan wortel parut dalam coleslaws, salad, wraps Tambahkan wortel parut ke makanan yang dipanggang, seperti kue dan muffin Camilan pada batang wortel atau wortel bayi sebagai camilan atau dengan saus herbal dan hummus Gunakan wortel dalam jus untuk rasa manis dan ringan
Wortel mentah atau dikukus memberikan nilai gizi paling.

Baca juga : Cara Mengatasi Telat Haid 1 Bulan Secara Alami

Risiko
Konsumsi vitamin A yang berlebihan bisa menjadi racun bagi manusia. Ini dapat menyebabkan sedikit warna oranye pada warna kulit, tetapi ini tidak berbahaya bagi kesehatan. Overdosis vitamin A tidak mungkin terjadi karena diet saja, tetapi mungkin hasil dari penggunaan suplemen. Orang yang menggunakan obat-obatan yang berasal dari vitamin A.

Seperti isotretinoin (Roaccutane) untuk jerawat atau acitretin untuk psoriasis , harus menghindari makan wortel dalam jumlah besar, karena dapat menyebabkan hypervitaminosis A, overdosis vitamin A. Siapa pun yang memulai pengobatan baru harus memeriksa dengan dokter mereka tentang perubahan diet yang direkomendasikan. Demikianlah manfaat wortel bagi kesehatan mata semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Mata”

Tinggalkan komentar