Kondisi Medis Tentang Kesehatan Gigi. Penting untuk disadari bahwa dokter gigi Anda melihat lebih dari sekadar gigi Anda.  Beberapa kondisi terkait kesehatan yang muncul di mulut termasuk. Komunikasi dengan dokter gigi Anda sangat penting. Selama kunjungan Anda, bicarakan dengan dokter gigi tentang masalah kesehatan Anda yang sedang berlangsung sehingga ia dapat membantu Anda.

Kesehatan Gigi

Kesehatan Gigi

Menurut berita terbaru Dokter gigi Anda dapat menyesuaikan perawatan Anda jika Anda memiliki kondisi Kesehatan gigi medis tertentu, menggunakan obat resep tertentu atau sedang menjalani perawatan medis, seperti radiasi atau kemoterapi. Penelitian Diabetes menunjukkan bahwa penyakit gusi dan diabetes dapat saling mempengaruhi. Misalnya, penyakit gusi dapat mengintensifkan komplikasi yang terkait dengan diabetes dengan meningkatkan kadar gula darah.

Kadar gula darah tinggi selama periode waktu yang lama dikaitkan dengan degenerasi dini mata, ginjal, saraf, dan pembuluh darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang dengan diabetes menghadapi risiko lebih besar terkena infeksi mulut dan penyakit gusi daripada mereka yang tidak menderita diabetes. Kabar baiknya adalah bahwa pengobatan penyakit gusi atau diabetes dapat menyebabkan perbaikan pada yang lain.

Kanker Mulut

Dokter gigi Anda dapat memainkan peran penting dalam deteksi dini kanker mulut. Kedokteran gigi adalah tentang pencegahan dan pemeriksaan gigi adalah dasar dari kesehatan mulut yang baik. Dokter gigi mungkin melihat perubahan halus di mulut yang tidak akan dialami pasien.  Pemeriksaan kanker mulut yang dilakukan oleh dokter gigi Anda selama pemeriksaan gigi rutin cepat, mudah dan tidak menyakitkan dan itu bisa menyelamatkan hidup Anda.

Bagaimana Cara Merawat Kesehatan Gigi?

TMD (gangguan temporomandibular)

Sendi rahang dan kelompok otot yang memungkinkan kita mengunyah, menelan, berbicara, dan menguap dikenal sebagai temporomandibular. Ketika ada masalah dengan cara kerja sendi dan otot, Anda mungkin memiliki kelainan temporomandibular atau TMD.

Gejala-gejala TMD adalah:

Otot rahang yang lembut atau sakit. Rahang Anda mungkin lebih menyakitkan ketika Anda bangun, mengepalkan gigi, mengunyah makanan atau menguap. Masalah membuka atau menutup mulut Anda. Mungkin sulit untuk membuka atau menutup rahang Anda sepenuhnya, atau rahang Anda dapat mengunci terbuka atau tertutup. Sakit kepala yang tidak bisa Anda jelaskan. Anda juga mungkin merasakan sakit di leher Anda.

Ini mungkin disebabkan oleh TMD, atau oleh masalah lain. Beri tahu dokter gigi DAN dokter Anda. Bunyi klik atau gerinda saat Anda mengunyah atau menguap. Anda mungkin mendengar suara-suara aneh pada persendian rahang Anda, seperti mengklik atau muncul ketika Anda membuka mulut, atau bunyi berderak dan bergemeretak saat Anda mengunyah. Penyebab TMD tidak selalu jelas, tetapi dalam banyak kasus stres adalah faktor utama. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin menyebabkannya:

Mengepalkan dan menggiling gigimu. Mengepalkan otot-otot rahang Anda dapat menyebabkan mereka sakit. Beberapa orang menggertakkan gigi atau mengepalkan otot rahang mereka ketika mereka sedang stres. Cedera pada wajah atau rahang Anda. Rahang yang patah (atau patah), sendi rahang yang terlempar keluar dari tempatnya (atau dislokasi) dan “whiplash” dapat menyebabkan TMD. Beberapa penyakit, seperti rheumatoid arthritis, dapat memengaruhi sendi dan otot rahang.

Apa Saja Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Merawat Kesehatan Gigi?

Jika rahang Anda tidak tumbuh dengan cara yang benar, gigi Anda mungkin tidak sejajar seperti seharusnya. Ini bisa membuatnya sulit untuk digigit dan dikunyah, dan dapat menyebabkan TMD Bersantai. Waspadai saat Anda mengepalkan gigi. Cobalah untuk mengendurkan otot rahang Anda dan tetap rileks. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk belajar bersantai, ada kursus yang dapat mengajarkan Anda. Tanyakan dokter gigi atau dokter Anda.

Perhatikan apa yang Anda makan. Jauhi makanan yang keras atau lengket. Jangan kunyah Permen Karet. Makanlah makanan yang lembut dan potong makanan menjadi potongan-potongan kecil. Usahakan untuk tidak membuka mulut terlalu lebar, bahkan ketika Anda menguap. Pijat dan berolahraga. Gosok (atau pijat) dan regangkan (atau olahraga) otot rahang Anda. Ini dapat membantu meredakan stres, seperti halnya dengan otot-otot lain di tubuh Anda.

Tapi bersikaplah lembut. Terlalu banyak melakukan peregangan atau berolahraga dapat memperburuk masalah. Gunakan kompres. Dokter gigi Anda mungkin menyarankan untuk meletakkan kompres dingin atau hangat pada otot-otot rahang yang sakit, lalu menggosoknya dengan lembut untuk membantu meringankan otot yang tegang. Untuk kompres dingin, gunakan es batu yang dibungkus handuk, atau sekantong sayuran beku seperti kacang polong.

Untuk kompres hangat, gunakan botol air panas atau bantal pemanas yang dibungkus handuk, atau kain panas dan lembab. Ingat pepatah, “Bibir bersama … gigi terpisah.” Saat Anda rileks, gigi Anda harus sedikit terpisah, lidah Anda harus diletakkan dengan lembut di atap mulut Anda dan bibir Anda harus rileks dan nyaris tidak menyentuh atau sedikit terpisah. Cobalah untuk menjaga gigi atas dan bawah Anda terpisah, kecuali ketika Anda makan atau menelan.

Berpikir positif. Hampir semua pasien TMD menjadi lebih baik, tetapi tidak ada “penyembuhan yang mudah.” Untuk beberapa pasien, begitu mereka tahu bahwa mereka mengepalkan rahang mereka, mereka berusaha untuk rileks. Mereka dapat meredakan gejalanya dalam beberapa hari atau minggu. Bagi yang lain, mungkin perlu beberapa minggu atau beberapa bulan sebelum mereka merasa lebih baik.

Bagaimana dokter gigi Anda dapat membantu. Untuk menilai kondisi Anda, dokter gigi Anda akan melakukan pemeriksaan terperinci, dan dapat melakukan rontgen. Tergantung pada apa yang ditemukan oleh dokter gigi Anda, ia mungkin menyarankan rencana untuk mengobati TMD Anda. Dokter gigi Anda mungkin juga merujuk Anda ke spesialis gigi dengan pelatihan ekstra dalam TMD.

Apakah Kesehatan Gigi Bisa Dijaga?

Perawatan mungkin termasuk

Merujuk Anda ke petugas perawatan kesehatan lain untuk membantu Anda meredakan nyeri otot atau membuka rahang. Ini bisa menjadi ahli fisioterapi, chiropractor dan / atau ahli terapi perilaku. Memperbaiki masalah dengan gigi Anda. Jika Anda mengalami gigitan yang buruk, kawat gigi atau alat gigi lainnya dapat digunakan untuk memperbaiki masalahnya. Gigi yang menyebabkan masalah kadang-kadang dapat dibentuk kembali agar lebih cocok bersama.

Minum obat. Tergantung pada penyebab TMD Anda, obat untuk rasa sakit, peradangan, otot tegang atau depresi dapat membantu. Mengenakan penjaga malam atau piring gigitan (juga disebut bidai oklusal). Belat oklusal terbuat dari plastik bening. Ini pas pada permukaan gigitan satu gigi sehingga Anda menggigit belat daripada gigi Anda. Ini membantu sendi dan otot rahang Anda untuk rileks.

Baca juga : Manfaat Tomat yang Perlu Anda Ketahui

Tergantung pada TMD Anda, dokter gigi Anda mungkin memberi tahu Anda untuk mengenakan belat 24 jam sehari, hanya pada malam hari, atau untuk jangka waktu yang lama di antaranya. Menjalani operasi. Jika tidak ada perawatan lain yang berhasil, atau jika sangat susah untuk membuka rahang, Anda dapat memerlukan pembedahan.

Anoreksia dan bulimia adalah gangguan makan yang serius. Mereka terjadi ketika pria atau wanita memiliki ketakutan ekstrim menjadi kelebihan berat badan. Hal ini tidak hanya menyebabkan diet yang berlebihan, tetapi juga kematian.  Kedua kondisi tersebut berimplikasi pada gigi Anda karena tubuh Anda tidak mendapatkan mineral, vitamin, protein dan nutrisi lain yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mulut dan kesehatan secara keseluruhan.  Demikianlah artikel tentang kesehatan gigi semoga bermanfaat.

Kategori: Uncategorized

@blogartikelsehat

www.blogtips.web.id merupakan situs yang membahas tentang topik kesehatan yang bisa anda baca dan pelajari disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *