Cara Mengatasi Keputihan untuk Kesehatan Tubuh

Cara Mengatasi Keputihan untuk Kesehatan Tubuh. Keputihan, atau, seperti juga dikenal sebagai, leukorea atau keputihan, adalah kondisi normal dan umum di mana keputihan dari vagina menjadi berubah warna atau konsistensi. Keputihan ini sering disebabkan oleh peradangan atau infeksi di dalam vagina atau leher rahim. Iritasi lapisan selaput juga dapat menyebabkan keputihan terjadi.

Mengatasi Keputihan
Mengatasi Keputihan

Menurut informasi terbaru Cairan ini bisa menjadi berbau kental atau berbau busuk, atau bertambah dalam jumlah sekitar pubertas atau selama gairah seksual. Ini disebut sebagai keputihan serviks atau keputihan vagina, tergantung dari mana mengatasi keputihan berasal.

Gejala Keputihan sendiri merupakan peningkatan alami dalam keputihan tetapi dapat mengganggu dan mengganggu kehidupan normal seorang wanita. Banyak faktor yang dapat berkontribusi pada penyebabnya, dan beberapa gejala mungkin merupakan indikasi dari kondisi yang lebih serius. Perawatan harus diambil untuk melaporkan setiap perubahan yang tidak biasa ke dokter Anda jika berlaku.

Bagaimana Cara mengatasi keputihan?

Gejala keputihan Pengeluaran ini mungkin seperti yang berikut ini:

  • Berwarna gelap, berdarah, kuning atau putih
  • Bau busuk atau asam
  • Tebal, berair, lengket atau berbusa
  • Gejala lain dapat termasuk

Servisitis sering diindikasikan ketika nyeri punggung bawah hadir. Servisitis disebabkan ketika serviks uterus meradang. Ini dapat terjadi karena penyebab infeksi seperti penyakit menular seksual tetapi penyebab non infeksi mungkin. Penyebab non infeksi yang paling umum adalah reaksi alergi terhadap produk atau pelumas spermisida, kondom lateks, diafragma kontrasepsi, dan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD).

Vaginitis monilial, juga dikenal sebagai infeksi ragi vagina atau kandidiasis, paling sering terjadi pada wanita hamil atau diabetes, atau juga pada wanita yang menggunakan pil KB atau antibiotik. Perubahan hormon dan kontrasepsi oral telah terbukti mengubah pH dalam tubuh wanita, yang dapat menyebabkan infeksi jamur. Faktor-faktor lain dapat menyebabkan infeksi jamur vagina, seringkali dengan mengenakan pakaian dalam yang kotor atau lembab untuk waktu yang lama dan kondisi yang tidak bersih.

Trichomonal Vaginitis, juga disebut trikomoniasis atau trich, bermanifestasi sebagai cairan berwarna kuning dan terkadang berbusa bersamaan dengan rasa gatal. Ini umumnya disebabkan oleh penyakit menular seksual, tetapi juga dapat disebabkan oleh mainan seksual yang tidak dibersihkan dengan baik, handuk basah dan pakaian dalam yang najis atau lembab yang dikenakan untuk jangka waktu yang lama. Gejala dapat muncul dalam 3 hingga 28 hari setelah infeksi dan mungkin mulai dari ketidaknyamanan ringan hingga komplikasi parah.

Wanita yang telah hamil dapat menghadapi peningkatan risiko persalinan prematur jika mereka terinfeksi dengan trichomonal vaginitis. Risiko terinfeksi oleh penyakit menular seksual lainnya seperti Chlamydia juga meningkat karena jenis keputihan ini. Pasangan seksual mungkin perlu dirawat untuk ini juga untuk mencegah infeksi berulang.

Faktor risiko
Risiko utama keputihan adalah kondisi kronis atau infeksi parah. Ini terjadi jika tidak dirawat selama tahap awal. Dalam beberapa kasus, keputihan dapat disebabkan oleh kondisi lain seperti penyakit menular seksual dan harus segera diobati. Ketika keputihan disebabkan oleh infeksi, harus segera diobati agar infeksi tidak menyebar ke seluruh tubuh.

Pencegahan terbaik adalah menjaga tubuh tetap bersih dan makan makanan yang sehat bersama dengan konsumsi air yang cukup. Mengenakan celana dalam yang nyaman dan “bernapas” dan sering menggantinya juga akan membantu mencegah penumpukan dan bakteri yang dapat menyebabkan keputihan. Mereka yang berenang atau berolahraga sering harus mengganti pakaian lembab sesegera mungkin untuk mencegah pembentukan kondisi yang menyebabkan keputihan. Tingkat stres yang rendah dan kebiasaan tidur yang sehat juga dapat mengurangi ketegangan pada tubuh.

Bagaimana Cara mengatasi keputihan?

Cara lain untuk mencegah masalah keputihan meliputi:

Hindari penggunaan berlebihan produk yang dirancang untuk kebersihan wanita. Ini bisa termasuk panty liner, pembalut, tampon, semprotan dan semprotan feminin.
Hindari mencemari area vagina dengan selalu menyeka depan ke belakang setelah buang air besar dan mengamati praktik higienis yang tepat.
Penggunaan kondom yang tepat dan jenis hambatan lainnya seperti bendungan gigi saat melakukan

hubungan seksual. Ketika infeksi hadir, jangan melakukan aktivitas seksual selama perawatan untuk menghindari penyebaran infeksi.
Tes dan Pertimbangan Diagnostik
Karena keputihan merupakan kejadian normal, pengujian untuknya sering kali diabaikan. Jika keluar menjadi berbau busuk atau berubah warna, konsultasikan dengan dokter untuk menyingkirkan kondisi lain dan menyebabkan penyakit atau infeksi menular seksual. Pada wanita muda, ini dapat terjadi sebelum permulaan pubertas dan dapat menjadi indikasi bahwa menstruasi akan dimulai.

Dalam beberapa tahun terakhir produk telah tersedia di lokasi-lokasi seperti apotek dan toko grosir untuk memungkinkan seorang wanita menguji di rumah untuk melihat apakah ada infeksi jamur. Ini menghilangkan kebutuhan untuk pemeriksaan dan pengujian dokter yang mahal dalam banyak kasus tetapi jika infeksi tidak jelas menggunakan metode yang dijual bebas atau menjadi lebih buruk, dokter harus berkonsultasi.

Pilihan pengobatan
Pilihan perawatan bervariasi karena berbagai penyebab. Dalam beberapa kasus, keputihan dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi jika kondisinya memburuk atau berubah, dokter harus berkonsultasi. Pencegahan adalah pengobatan terbaik, tetapi ada banyak hal yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu mempersingkat durasinya.

Home remedies
Kebersihan yang Benar
Salah satu cara termudah untuk mencegah keputihan di rumah adalah dengan mempraktikkan kebersihan yang benar. Menghindari celana kotor atau sintetis dapat membuat area genital bernapas dan menghindari penumpukan bakteri.

Mengganti pakaian dalam yang basah atau lembab juga akan membantu mencegah masalah. Mencuci dengan sabun yang bebas iritasi dapat membantu menghilangkan bakteri dan kotoran. Sabun bebas iritan sering aroma dan bebas pewarna, seperti sabun gliserin. Meskipun tetap bersih membantu mencegah keputihan, penting untuk tidak mencuci secara berlebihan, karena dapat mengiritasi tubuh dan menyebabkan keputihan atau infeksi yang lebih berat.

Makan Diet Seimbang
Makan makanan yang sehat dan seimbang yang rendah gula atau makanan olahan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Makan banyak buah-buahan dan sayuran yang kaya nutrisi membantu menjaga tubuh tetap sehat dan berfungsi normal.

Minum 8-10 gelas air yang disarankan setiap hari juga dapat membersihkan racun dari tubuh. Diet seimbang bermanfaat bagi tubuh dalam banyak hal dan dapat membantu dengan banyak kondisi di luar keputihan.

Biji Fenugreek
Suplemen herbal ini tersedia di banyak toko makanan kesehatan dan telah terbukti membantu mempromosikan kesehatan reproduksi yang baik. Biaya sangat tergantung pada sumber biji fenugreek; ini tersedia dalam jumlah besar, dalam bentuk teh atau kapsul.

Ketumbar kering
Suplemen herbal lain yang dapat ditemukan di toko makanan kesehatan, ketumbar dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Ini tersedia dalam jumlah besar, dapat direndam dalam teh atau diambil sebagai kapsul. Ketika mengambil suplemen herbal, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda atau apoteker untuk memastikan bahwa itu tidak berinteraksi dengan obat lain dan melaporkan efek samping atau reaksi yang sesuai.

Apa saja cara mengatasi keputihan?

Pisang terlalu matang
Makan pisang yang sangat matang (matang) dianggap membantu mengendalikan keputihan, dan dapat mengurangi gejala seperti sembelit atau sakit perut. Ini juga dapat membantu dengan gejala kelelahan.

Latihan dan Tingkat Stres Lebih Rendah
Pengerahan tenaga yang berlebihan dan stres yang tinggi dapat berkontribusi pada pembentukan keputihan, sehingga harus dilakukan perawatan untuk mengurangi unsur-unsur tersebut. Latihan dampak rendah dapat digunakan sebagai pengganti latihan berdampak tinggi, sementara beberapa bentuk latihan seperti yoga dan meditasi telah terbukti menurunkan stres. Sebelum memulai rejimen olahraga baru, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda dan mengetahui setiap kondisi kesehatan yang mungkin terkena dampak negatif dengan berolahraga.

Baca juga : Kondisi Medis Tentang Kesehatan Gigi

Puasa
Puasa terkadang digunakan untuk membersihkan tubuh, tetapi kehati-hatian harus diambil ketika memulai perubahan diet drastis. Ada sejumlah sumber daya yang tersedia untuk membantu puasa termasuk suplemen apa yang direkomendasikan.

Pengobatan medis untuk mengatasi keputihan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Dalam kasus peradangan atau infeksi, obat mungkin diresepkan untuk mengurangi gejala dan membunuh bakteri atau menenangkan jaringan. Antibiotik juga dapat menyebabkan keputihan atau memperburuknya, jadi bicarakan dengan dokter Anda jika Anda memiliki masalah atau pertanyaan dan laporkan gejala baru apa pun jika timbul. Biaya untuk perawatan bervariasi tergantung pada tempat perawatan diperoleh, obat yang diresepkan dan apakah asuransi digunakan atau tidak.

Tinggalkan komentar